MENGAPA OPINI ATAS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN KATA WAJAR BUKAN BENAR? INI ALASANNYA

Foto : Ahmad Marulloh
(Aktivs Muda, Penggiat Pro Strategic, Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Universitas Lampung)
Opini atas laporan keuangan merupakan penilaian atas keterbukaan informasi penggunaan sumberdaya organisasi yang dikelola oleh pihak manajemen sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pemangku kepentingan. Opini tersebut diterbitkan oleh pihak independen diluar entitas pelapor untuk menjaga kepercayaan atas kualitas opini.

Ada 4 jenis opini atas laporan keuangan yaitu, wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian, tidak wajar, dan tidak memberikan pendapat. Masing-masing opini mempunyai kualifikasi tersendiri. Lalu Mengapa opini menggunakan kata wajar bukan benar?

Hal tersebut berkaitan dengan salah satu prinsip akuntansi yaitu satuan unit moneter. Sehingga sumberdaya organisasi yang bukan menggunakan satuan tersebut harus dikonversikan sebelum dicatat. Dalam proses konversi ini kemudian terjadi proses pengukuran nilai.

Akuntansi mempunyai beberapa metode dalam mengukur nilai yang membuat hasil pengukuran pun berbeda-beda tergantung pada metode pengukurannya. maka konversi sumberdaya non unit moneter ke unit moneter menghasilkan nilai yang tidak mutlak.

Contoh kasus pengukuran nilai aset berupa mobil ke dalam unit moneter indonesia yaitu rupiah. Ketika akan dicatat pada tahun ke-empat sejak dibeli, maka akan digunakan salah satu dari beberapa metode penyusutan nilai guna aset. Tentunya hasil perkiraan harga mobil tidak mutlak melainkan estimasi (perkiraan).

Maka dari itu kata wajar lebih relevan untuk digunakan daripada kata benar. Karena kata benar digunakan untuk menilai sesuatu yang mutlak hasilnya.

Semoga memberikan kebermanfaatan


#bandarlampungcreativecityforum #bandarlampung #kotabandarlampung #ilmupengetahuan #opini #pemuda #kreatif #bandarlampungcreativecityforum #bandarlampungcreativecityforum #bandarlampungcreativecityforum #bandarlampungcreativecityforum #bandarlampungcreativecityforum #bandarlampungcreativecityforum

Comments